Dalam perkembangan dunia bisnis yang
makin modern sekarang ini tentu membuat para pengusaha harus terus
mengupdate dan menguasai teknologi yang terus bermunculan. Salah satu
sektor binsis yang terdampak pada perkembangan dan pertumbuhan #teknologi adalah marketing atau pemasaran.
Bisnis memang tidak akan lepas dari
marketing. Nah dalam marketing di era modern ini Anda akan mendapatkan
banyaknya pebisnis yang menggunakan media sosial sebagai
andalannya. Maraknya pengguna media sosial yang begitu massif ini memang
kemudian membuat banyak pebisnis mengarahkan rencana pemasarannya ke
media sosial.
Namun untuk menjadikan rencana marketing #media sosial
Anda berjalan dengan sukses, Anda tidak bisa menjalankannya secara
sembarangan. Anda perlu menjalankan rencana ini dengan sebuah teknik
yang jitu. Untuk mengawali rencana ini setidaknya Anda perlu menjawab
beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Apa Tujuan Social Media Marketing tersebut?
Pertanyaan pertama yang harus dijawab
untuk bisa mensukseskan rencana pemasaran lewat media sosial adalah apa
yang ingin Anda dapatkan dari media sosial? Dengan media sosial memang
akan ada banyak yang bisa didapat oleh pengusaha seperti perluasan
jaringan relasi bisnis, interaksi dengan para pelanggan, promosi produk
baru atau juga peningkatan #branding atau merk.
Nah dari sinilah Anda harus lebih fokus
dalam rencana marketing menggunakan media sosial ini. Tetapkan satu
tujuan yang Anda paling harapkan dari rencana marketing dari media
sosial tersebut. Kenapa harus fokus? Karena dengan fokus, Anda akan
lebih bisa membuat rencana Anda tersebut cepat mencapai kesuksesan.
Baca juga Artikel : Bosan Jadi Pegawai,jadilah Pengusaha
2. Siapakah yang akan Meng-handle Akun Media Sosial Tersebut?
Dalam menjalankan rencana marketing
media sosial tentu Anda harus meluangkan banyak waktu supaya sukses.
Nah, saat Anda benar-benar akan melakukannya, maka Anda harus sudah
memperhitungkan siapa yang akan meng-handle sosial media tersebut?
Apakah Anda sendiri atau orang lain. Anda sebagai pebisnis umumnya tidak
akan memiliki banyak waktu untuk mengurusi hal ini.
Maka biasanya banyak pebisnis yang saat
ini membuka lowongan social media specialist yaitu orang-orang yang
memiliki keahlian atau spesialisasi dalam mengurus akun media sosial.
Dengan adanya kejelasan tentang siapa yang mengurus rencana marketing
media sosial ini maka Anda akan memiliki gambaran yang jelas untuk ke
depannya.
3. Media Sosial Apa Saja yang Akan Digunakan?
Namanya saja #social media marketing,
tentu Anda akan bergelut dengan media sosial yang ada sekarang. Dengan
semakin banyaknya pilihan media sosial yang ada sekarang tentu Anda
harus memilih media sosial yang akan Anda digunakan. Anda mungkin saja
memilih beberapa media sosial, namun Anda tidak bisa memilih semua media
sosial untuk Anda jadikan rencana marketing Anda tersebut.
Untuk memilih media sosial yang paling
efektif beberapa kriteria mungkin bisa Anda jadikan acuan seperti jumlah
pengguna yang banyak atau konten atau fitur yang bisa mendukung produk
atau layanan bisnis Anda.
4. Apa Sajakah Konten Media Sosial yang Akan Dimuat?
Dalam menjalankan marketing media sosial
tentu Anda akan melakukan kegiatan posting atau membagi sesuatu. Nah
dari sinilah Anda harus berpikir apa saja yang akan Anda posting di
media sosial tersebut.
Tentunya untuk menjadikan rencana
marketing Anda sukses, Anda tak bisa sembarangan untuk memposting. Ada
hal-hal yang memang perlu diposting, namun ada juga yang tidak perlu
diposting. Itu semua tergantung dari tujuan dan fokus dari rencana
marekting Anda sebelumnya.
Baca juga Artikel : Awal Yang Baik Buat Kita Untuk Makin Mantap Cari Uang
Baca juga Artikel : Awal Yang Baik Buat Kita Untuk Makin Mantap Cari Uang
5. Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Rencana Social Media Marketing?
Terakhir, pertanyaan yang perlu dijawab
untuk mensukseskan rencana marketing media sosial adalah bagaimana
mengukur efektivitas rencana yang telah dilaksanakan. Tentu untuk bisa
sukses perlu adanya evaluasi yang mendalam tentang tingkat efektivitas
atau keberhasilan rencana yang selama ini dijalankan.
Jika memang ada yang kurang atau tidak
efektif, maka Anda bisa segera melakukan perbaikan atau mungkin
mengganti dengan rencana yang lain. Beberapa teknik pengukuran
efektivitas ini bisa dilakukan dengan fitur insight pada #Facebook atau twiitercounter.com, Twtrland.com, Tweetreach.com dan website tools analitik lainnya di Twitter.
Ingin Sukses Jalankan Social Media Marketing? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Berikut Ini
4/
5
Oleh
Aam Agatha