Saturday, 26 September 2015

Ingin Sukses Jalankan Social Media Marketing? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Berikut Ini


Dalam perkembangan dunia bisnis yang makin modern sekarang ini tentu membuat para pengusaha harus terus mengupdate dan menguasai teknologi yang terus bermunculan. Salah satu sektor binsis yang terdampak pada perkembangan dan pertumbuhan #teknologi adalah marketing atau pemasaran.
Bisnis memang tidak akan lepas dari marketing. Nah dalam marketing di era modern ini Anda akan mendapatkan banyaknya pebisnis yang menggunakan media sosial sebagai andalannya. Maraknya pengguna media sosial yang begitu massif ini memang kemudian membuat banyak pebisnis mengarahkan rencana pemasarannya ke media sosial.
Namun untuk menjadikan rencana marketing #media sosial Anda berjalan dengan sukses, Anda tidak bisa menjalankannya secara sembarangan. Anda perlu menjalankan rencana ini dengan sebuah teknik yang jitu. Untuk mengawali rencana ini setidaknya Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa Tujuan Social Media Marketing tersebut?

Pertanyaan pertama yang harus dijawab untuk bisa mensukseskan rencana pemasaran lewat media sosial adalah apa yang ingin Anda dapatkan dari media sosial? Dengan media sosial memang akan ada banyak yang bisa didapat oleh pengusaha seperti perluasan jaringan relasi bisnis, interaksi dengan para pelanggan, promosi produk baru atau juga peningkatan #branding atau merk.
Nah dari sinilah Anda harus lebih fokus dalam rencana marketing menggunakan media sosial ini. Tetapkan satu tujuan yang Anda paling harapkan dari rencana marketing dari media sosial tersebut. Kenapa harus fokus? Karena dengan fokus, Anda akan lebih bisa membuat rencana Anda tersebut cepat mencapai kesuksesan.

Baca juga Artikel : Bosan Jadi Pegawai,jadilah Pengusaha

2. Siapakah yang akan Meng-handle Akun Media Sosial Tersebut?

Dalam menjalankan rencana marketing media sosial tentu Anda harus meluangkan banyak waktu supaya sukses. Nah, saat Anda benar-benar akan melakukannya, maka Anda harus sudah memperhitungkan siapa yang akan meng-handle sosial media tersebut? Apakah Anda sendiri atau orang lain. Anda sebagai pebisnis umumnya tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengurusi hal ini.
Maka biasanya banyak pebisnis yang saat ini membuka lowongan social media specialist yaitu orang-orang yang memiliki keahlian atau spesialisasi dalam mengurus akun media sosial. Dengan adanya kejelasan tentang siapa yang mengurus rencana marketing media sosial ini maka Anda akan memiliki gambaran yang jelas untuk ke depannya.
note 5

3. Media Sosial Apa Saja yang Akan Digunakan?

Namanya saja #social media marketing, tentu Anda akan bergelut dengan media sosial yang ada sekarang. Dengan semakin banyaknya pilihan media sosial yang ada sekarang tentu Anda harus memilih media sosial yang akan Anda digunakan. Anda mungkin saja memilih beberapa media sosial, namun Anda tidak bisa memilih semua media sosial untuk Anda jadikan rencana marketing Anda tersebut.
Untuk memilih media sosial yang paling efektif beberapa kriteria mungkin bisa Anda jadikan acuan seperti jumlah pengguna yang banyak atau konten atau fitur yang bisa mendukung produk atau layanan bisnis Anda.

4. Apa Sajakah Konten Media Sosial yang Akan Dimuat?

Dalam menjalankan marketing media sosial tentu Anda akan melakukan kegiatan posting atau membagi sesuatu. Nah dari sinilah Anda harus berpikir apa saja yang akan Anda posting di media sosial tersebut.
Tentunya untuk menjadikan rencana marketing Anda sukses, Anda tak bisa sembarangan untuk memposting. Ada hal-hal yang memang perlu diposting, namun ada juga yang tidak perlu diposting. Itu semua tergantung dari tujuan dan fokus dari rencana marekting Anda sebelumnya.

Baca juga Artikel : Awal Yang Baik Buat Kita Untuk Makin Mantap Cari Uang

5. Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Rencana Social Media Marketing?

Terakhir, pertanyaan yang perlu dijawab untuk mensukseskan rencana marketing media sosial adalah bagaimana mengukur efektivitas rencana yang telah dilaksanakan. Tentu untuk bisa sukses perlu adanya evaluasi yang mendalam tentang tingkat efektivitas atau keberhasilan rencana yang selama ini dijalankan.
Jika memang ada yang kurang atau tidak efektif, maka Anda bisa segera melakukan perbaikan atau mungkin mengganti dengan rencana yang lain. Beberapa teknik pengukuran efektivitas ini bisa dilakukan dengan fitur insight pada #Facebook atau twiitercounter.com, Twtrland.com, Tweetreach.com dan website tools analitik lainnya di Twitter.

Artikel Terkait

Ingin Sukses Jalankan Social Media Marketing? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Berikut Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email