Wednesday 24 February 2016

Pengertian dan Manfaat Web Browser beserta Contoh Aplikasinya

Tulisan kali ini saya akan membahas tentang pengertian web browser beserta manfaat dan contoh aplikasinya yang banyak digunakan netizen di seluruh belahan dunia. Tentunya anda tidak asing lagi dengan kata "web browser" bukan? ya pastinya, karena perangkat ini yang digunakan untuk melakukan berbagai macam aktifitas didalam jaringan internet seperti browsing, searching, surfing, dan lainnya. Dan berikut penjelasan mengenai pengertian web browser serta manfaat dan macam-macam contoh aplikasinya.



- Pengertian Web Browser

Web Browser secara umum kita bisa mengetahui bahwa pengertian web browser adalah suatu aplikasi atau perangkat yang digunakan untuk mempelajari atau mencari informasi didalam jaringan internet dari sebuah media (situs, blog, jejaring sosial, dan lainnya) yang tersimpan didalam komputer. Tentunya anda tidak asing lagi dengan nama-nama web browser seperti Firefox, Chrome, Safari, Opera dan lainnya.
Sedangkan pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (word wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud itu terdiri dari berbagai macam bentuk seperti berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan lainnya.


- Manfaat Web Browser serta Contohnya

Manfaat  Web Browser
Perlu diketahui bahwa sesuatu dibuat atau diciptakan tentu dapat diambil manfaat dari apa yang diciptakan atau dibuat. Begitu dengan dibuatnya web browser, begitu banyak manfaat yang dapat diambil dari perangkat / aplikasi tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat web browser:
  • Web browser dapat mempermudah kita dalam mengakses informasi kepada media-media seperti situs, blog, gabar, video dll.
  • Web browser juga bisa digunakan sebagai media untuk jejaring sosial seperti facebook, Twitter, Google Plus, Path, Twoo dll.
  • Web browser bisa digunakan untuk mengakses informasi yang bermanfaat baik itu mengenai pendidikan maupun non pendidikan
  • Dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa kita gunakan untuk mempermudah aktifitas kita berselancar didunia maya.
Contoh Aplikasi Web Browser

Sebelumnya kita sudah mengetahui pengertian we browser dan manfaat web browser, selanjutnya ada baiknya kita harus mengetahui beberapa aplikasi web browser yang sudah populer pada saat ini. Berikut contoh web browser:

- Google Chrome 

Hampir 60% netizen didunia ini menggunakan aplikasi Chrome sebagai web browser mereka. Browser besutan Google ini hampir diseluruh negara khususnya negara-negara yang dibenua Amerika, Asia, dan Eropa.

- Mozilla Firefox

 Firefox merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan pengguna internet. Kurang lebih 1/6 jumlah pengguna internet di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Firefox terbanyak.

- Safari 
 
Pengguna safari didunia hampir mencapai 16% sehingga menjadikan browser ini salah satu yang paling populer. Aplakasi buatan Apple Inc ini dirilis tahun 2003 untuk perangkat komputer dan 2007 untuk perangkat mobilenya.

- Opera

Opera merupakan salah satu web browser terpopuler yang penggunya sekitar 6% di dunia untuk perangkat komputernya dan 11% pengguna untuk perangkat mobilnya.
- Internet Explorer

Walaupun sudah mulai menurun penggunanya, tetap saja Internet Explorer masih banyak digunakan. Dan browser ini pernah digunakan sampai 95% pengguna pada tahun 2002-2003.

Semoga artikel mengenai pengertian web browser ini bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

Pengertian dan Manfaat Web Browser beserta Contoh Aplikasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email