Anda boleh membuat sejarah alias cerita atau pengalaman mengenai artikel yang ada dalam
blog. Namun sebagian besar tulisan mengarah pada tips-tips yang memang
bisa digunakan oleh pengunjung sebagai pembaca dan pemburu informasi. Kalimatnya boleh seperti cerita namun
inti pembahasan pada ujung membahasannya berkesan menarik.
Sekarang apakah logika anda sudah terbuka mengenai cara membuat artikel
di blog? Bila sudah mengerti maka kita akan membuka logika
anda lagi mengenai kepentingan lain membuat artikel blog untuk para pengunjung.
Mungkin untuk memulainya terasa sulit dan membingungkan, mungkin juga sebenarnya di kepala anda banyak ide, tips, informasi yang pengen anda tulis di blog tapi mentok gara2 anda teralu memikirkan apakah tulisan saya enak di baca, atau anda takut tulisan anda salah. Sebenarnya jangan terlalu di khawatirkan, asal anda mau memulai sambil jalan anda akan belajar untuk memperbaiki dan mengembangkannya.
Saya juga sedang belajar menulis artikel, dan dibawah ini adalah beberapcara yang membuat saya pengen ngeblog.
Teknik yang saya lakukan adalah MENULIS ULANG
Mencoba menulis ulang artikel yang menarik dan mengambil intisari pembahasan
lalu merubah tulisan. Walau memang ada kata-kata yang sama namun secara
umum dikatakan original content di mata Google.
Langkah-Langkahnya sebagai Berikut:
1. Mencari Artikel
Silahkan anda mencari artikel dari blog yang dianggap bagus dan memiliki
banyak artikel. Lalu download artikel agar cepat tersimpan ke memori
komputer atau flashdisk. Tidak perlu berpikir, boleh atau tidak mengambil
artikel? Boleh. Yang tidak boleh adalah mempubliskan kembali ke blog
kita tanpa merubah 100% original karya kita sendiri.
2. Paragraf Jangan terlalu Panjang Agar Mudah Dibaca
Jangan membuat paragraf yang panjang-panjang. Yaa seperti yang sedang saya tulis ini... :)
Jangan lupa, kewajiban menggunakan kalimat yang mudah dipahami untuk kebanyakan kalangan agar pembaca menikmatinya.
3.Update Artikel Blog
Untuk menghemat permodalan dalam biaya kuota internet, maka kita
harus menjadwal kapan kita akan posting artikel. Bila tidak membuat jadwal maka tentu tidak bisa update setiap hari. Kalau memang ingin
setiap hari dengan menghemat kuota maka harus sistem terjadwal.
Anda bisa mengatur tanggal saja atau seminggu berapa kali, misal ingin terbit tanggal 1 maka pilih
angka satu atau pengen posting seminggu 3x Sennin, Rabu dan Sabtu agar apa yang akan tulis tidak lupa. Bisa setiap hari, dua hari sekali. Namun demi percepatan
maka diharapkan mengatur tanggal dengan setiap hari.
Namun, anda harus belajar mempublis artikel mulai dari copas sampai publis. Cari saja di internet.
Jangan mencopy artikel yang menggunakan MS Word. Bila memang menggunakan
MS Word maka perlu memindahkan dulu ke notepad sebelum ke badan post
blog. Kenapa? Karena untuk menghindari kode-kode aneh yang timbul akibat
settingan MS Word.