Salah satu yang dijalankan dalam bisnis online adalah membuat Toko Online. Sekarang banyak pelaku usaha yang menjalankan usaha online dengan membuat toko online, tentu dengan tujuan agar produk yang ditawarkan dapat dikenal dan menjangkau konsumen secara luas untuk mengoptimalkan penjualan sehingga menambah pendapatan. Dalam toko online nya, mereka memajang foto produk di estalase toko online, memberikan informasi deskripsi produk, harga, cara pemesanan, cara pembayaran, customer sevice, dan alamat. Namun, apalah arti semua itu jika toko online tidak ada pengunjung. Itulah yang menjadi masalah besar bagi pelaku bisnis online. Karena pengunjung adalah calon pembeli yang sangat berharga.
Cara sederhana yang bisa mengajak pengunjung menjadi pembeli adalah menghubungkan toko online dengan sosial media, dan marketplace. Seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Linkedin, Bukalapak, Tokopedia, Kaskus, OLX dll.
Berikut Langkah Promosi Melalui Sosial Media
1. Membuat akun sosial medi dan marketplace, yang mewakili toko online anda dengan cara mencantumkan link toko online anda.
2. Menjalin hubungan dengan orang-orang yang ada di sosial media dan marketplace, terutama menambah banyak pertemanan, bergabung di group bisnis online, kemudian update status, upload foto produk beserta deskripsi yang menarik, dan cantumkan link URL produk sesuai yang anda posting di toko online dibawah deskripsi.
3. Share link URL postingan produk dan artikel di sosmed milik kita, selalu share postingan terbaru sehingga secara tidak langsung orang yang membaca status kita juga bisa melihat link toko online kita.
Mungkin cara diatas adalah sederhana, tapi paling tidak itu adalah cara promosi toko online selain menggunakan metode optimasi SEO. Semoga bermanfaat.